18/08/08

RPP Berkomunikasi Melalui Telpon

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
( RPP
)


SMK : SMK PGRI 1 Cibinong
Mata Diklat : Produktif Administrasi Perkantoran
Tingkat/Semester : I/1
Standar Kompetensi : Berkomunikasi melalui telpon
Kompetensi Dasar : Respon untuk panggilan telpon masuk
Indikator :
· Panggilan dijawab secara cepat, tepat, jelas dan sesuai dengan standar perusahaan
· Bantuan ditawarkan kepada penelpon secara bersahabat dengan tujuan panggilan tertentu secara tepat

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran (2 x pertemuan)


A. Tujuan Pemelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pemelajaran, peserta diklat mampu :
Memahami pengertian komunikasi dan etika berkomunikasi
Menjelaskan dasar-dasar berkomunikasi
Mengetahui etika cara menangani telpon masuk
Memahami cara menyempaikan telepon yang masuk, secara singkat, padat, dan jelas
Memahami penggunaan telepon

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Komunikasi
2. Dasar-dasar berkomunikasi
3. Etiket cara menangani telepon masuk
4. Memahami cara menyampaikan telepon yang masuk secara singkat dan jelas
5. Penggunaan telepon

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Simulasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
Ø Apersepsi : Siapa yang pernah menelpon?

Ø Motivasi :
- Beberapa siswa diminta menyebutkan nomor telepon temannya!

b. Kegiatan inti
Ø Guru menjelaskan pengertian komunikasi
Ø Guru menjelaskan dasar-dasar berkomunikasi
Ø Guru menjelaskan etiket cara menangani telepon masuk

c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya melakukan komunikasi dengan benar .

2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
- Apersepsi : Apakah berkomunikasi harus selalu menggunakan bahasa

b. Kegiatan inti
Ø Menjelaskan tentang memahami cara menyampaikan telepon yang masuk secara singkat dan jelas
Ø Menjelaskan cara-cara penggunaan telepon

c. Penutup
- Penilaian
- Refleksi : siswa menyimpulkan cara menyampaikan telepon yang masuk secara singkat dan jelas, serta penggunaan telepon.


E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Alat peraga
2. Lembar Penilaian Psikomotorik
3. Buku produktif administrasi perkantoran yang relevan


F. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes unjuk kerja.

2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Uji petik kerja produk

3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Jelaskan pengertian komunikasi antarpribadi!
(2) Sebutkan komponen penting dalam komunikasi!
(3) Apa yang perlu dilakukan oleh komunikator agar dalam berkomunikasi berjalan lancar?
(4) Bagaimana cara menangani telepon masuk?
(5) Hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan sehubungan dengan etiket bertelepon?


Uji petik kerja produk :
- Buatlah percakapan dengan teman sebangku seakan-akan menggunakan telepon!

Tidak ada komentar: